Bisnis

Bisnis Apa yang Merupakan Bisnis Terbaik?

Memulai sebuah bisnis adalah tantangan yang cukup besar bagi masyarakat yang masih menganggap menjadi karyawan atau pegawai lebih menjanjikan untuk dapat menjamin kebutuhan hidup.

Alasan banyak kalangan untuk memilih menjadi karyawan atau pegawai daripada memulai membuka bisnis adalah akses terhadap modal, tantangan inovasi ditengah persaingan bisnis, kekhawatiran terhadap kebangrutan hingga jaminan di hari tua.

Kekhawatiran-kekhawatiran tersebut mengakibatkan beberapa kalangan ragu atau enggan merintis karir bisnis.

Pendidikan formal yang tidak mengajarkan “cara menciptakan lapangan pekerjaan” namun yang kerap diajarkan adalah “cara atau upaya untuk mendapatkan pekerjaan”, hal ini diajarkan dari pendidikan dasar hingga tinggi. Seperti sebuah arena pertarungan, angkatan kerja yang melamar kerja lebih tinggi dibanding jumlah lapangan kerja yang tersedia.

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dimulai dengan 3 unsur sebagai berikut:

  1. Memiliki Business Plan/Rancangan Bisnis. Kegunaan rancangan bisnis adalah untuk membentuk target dan membentuk visi/misi bisnis. Target dibagi menjadi 2 hal, yakni target pasar dan target/jangka waktu memperoleh keuntungan, tujuan dibentuknya target-target tersebut adalah agar pemilik bisnis dapat fokus pada inovasi yang memenuhi kebutuhan konsumen serta jangka waktu modal kembali. Terkait visi/misi bisnis, pemilik bisnis bisa membuat visi/misi membangun bisnis untuk sekedar memperoleh keuntungan sebesar-besarnya, namun bisnis juga memiliki fungsi sosial, diantaranya membuka lapangan kerja, menyediakan kebutuhan konsumen, membantu pemerintah dalam mempromosikan produk dalam negeri, dan lain sebagainya.
  2. Budget Plan/Rancangan Anggaran. Poin ini adalah poin paling penting. Membuat rancangan anggaran adalah kewajiban bagi pengusaha, pedagang dan pebisnis. rancangan bisnis membantu dalam pengambilan keputusan dari belanja modal, belanja barang, belanja jasa hingga investasi bagi sebuah perusahaan. Untung dan ruginya sebuah perusahaan atau sebuah usaha sangat bergantung pada rancangan anggaran.
  3. Pembukukan Kas Keluar/Masuk. Setelah menyelesaikan Rancangan Bisnis, Rancangan Anggaran, belanja modal hingga berjalannya aktivitas bisnis, setiap pengeluaran dan pemasukan bisnis wajib untuk dicatat. Pencatatan nota masuk dan nota keluar adalah hal sepele namun dampaknya signifikan bagi jalannya sebuah bisnis, baim dampak keuntungan maupun kerugian jika bisnis tanpa pencatatan. Jika Anda merasa kesulitan dalam pembukuan kas keluar/masuk, Anda dapat menggunakan fitur mesin pencatatan nota keluar masuk seperti Pawoon – Aplikasi Kasir / Point of Sale Online (Cloud) dan https://www.jurnal.id/id/ kedua fitur tersebut dapat membantu bisnis Anda auto pilot, sebagaimana bisnis saya sekarang.

Dimasa kini, teknologi berkembang dengan sangat cepat, hal ini membuat masyarakat semakin mudah untuk mengakses sumber daya-sumber daya yang dapat menunjang bisnis, diantaranya yakni:

  1. Akses Terhadap Produsen. Internet menghubungan antara pemilik pabrik (produsen) dengan supplier (reseller atau dropshipper). Akses tersebut dapat dimanfaatkan bagi individu yang tertarik membangun sebuah usaha/bisnis sebagai supplier barang. Dimasa sekarang ada 2 jenis supllier barang, yakni reseller/dropshipper. Anda bisa memilih salah satunya atau keduanya dengan produsen produk yang berbeda.
  2. Kemudahan Pemasaran (Easy Marketing). Internet memudahkan setiap individu untuk mempromosikan bisnis, mulai dari pendaftaran akun-akun yang menunjang bisnis seperti Instagram dan Facebook yang gratis, hingga memanfaatkan fitur berbayar di kedua platform online tersebut.
  3. Toko Online Menghemat 50 Persen Pengeluaran untuk Belanja Modal. Di masa sebelum munculnya internet, jika seseorang ingin menjual produknya perlu sebuah toko yang strategis sebagai tempat penyimpanan barang (gudang) maupun display (memajang barang dagangan). Saat ini dengan adanya toko online, ongkos menyewa atau membeli bangunan untuk display produk dapat dipangkas. Setiap tahun angka penjualan properti terus meningkat mengingat saat ini properti dijadikan salah satu sarana investasi yang menjanjikan, sehingga ongkos sewa/membeli bangunan adalah belanja modal paling besar dalam sebuah usaha, untuk wilayah kota Malang, persewaan bangunan untuk sebuah usaha berkisar 30 juta-100 juta pertahun sesuai dengan bentuk, luas dan posisi strategis toko. Toko online sangat membantu, khususnya yang tengah merintis usaha dan UMKM dalam menjalankan bisnis. Toko Online menyediana layanan gratis atau berbayar. Layanan yang menyediakan fitur gratis hingga berbayar misalnya GoogleWordPress.com atau TokoTalk bahkan Google memberikan pelatihan bagi pengusaha pemula dan UMKM untuk memanfaatkan internet sebagai strategi marketing yang efektif. Pelatihan yang pernah saya ikuti dari Google adalah kelas Gapura Digital dan panduan membuat my google bussines yang membantu meningkatkan performa penjualan, website gratis dan memperkenalkan fitur pengulas kualitas produk dari konsumen.
  4. Kelas bisnis online. Banyak dijumpai ruang-ruang belajar bisnis secara online, baik yang berbayar mapun gratis. Di instagram terdapat MATAHATI PRODUCTIONS (@matahatiproductions), sebuah platform pembelajaran bisnis online yang interaktif. Konten Matahati Productions memperkuat pebisnis pemula dan UMKM. Selain Matahati Productions masih banyak terdapat mentor-mentor bisnis lainnya yang dapat ditemukan di Instagram.

Segmen-segmen bisnis tentunya sangat beragam, dari hulu hingga hilir, dari ekstraktif hingga manufaktur, dari menjadi produsen hingga menjadi supplier. Sektor-sektor bisnis bisa meliputi bisnis dibidang kuliner, garmen, furnitur, pendidikan, hiburan hingga jasa.

Saya sendiri memulai bisnis dengan membuka coffee shop yang awalnya bergerak disektor hilir, kini membuka lini bisnis disektor hulu yakni pabrik kopi. Saya sangat terbantu dengan adanya internet, baik dalam membantu pemasaran maupun untuk mengakses pengetahuan bisnis.

Jadi, begitu mudah untuk memulai bisnis dimasa sekarang apapun sektor bisnis yang akan Anda rintis, sesuaikan minat, kegemaran dan kebutuhan konsumen. Selain hal-hal normatif diatas, bagi saya pribadi, bisnis terbaik adalah bisnis yang dibangun dan dikerjakan.

Jadi, selamat membangun dan mengerjakan bisnis Anda ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: